Ini dia Enneagram ; sumbangsih ilmu pengetahuan tentang mengenali karakter ada juga orang yang sering dekat untuk memperkecil risiko konflik ! elcons

Selamat Datang

elcons Berita Terpopuler - Indonesia, fb, facebook, download, foto, youtube, google, video, mp3, gambar, yahoo

Ini dia Enneagram ; sumbangsih ilmu pengetahuan tentang mengenali karakter ada juga orang yang sering dekat untuk memperkecil risiko konflik

Ini dia Enneagram ; sumbangsih ilmu pengetahuan tentang mengenali karakter ada juga orang yang sering dekat untuk memperkecil risiko konflik




Leadershipstreet Indonesia.  Enneargram sederhananya adalah ilmu tentang pengenalan kecenderungan 9 karakter manusia dan ini menandakan bahwa manusia adalah sosok yang terbatas, keluhan tentang pekerja, rekan dan bahkan dengan saudara dapat kita pahami dengan berusaha memahami tentang karakter manusia.



Enneagram kelihatannya asing bagi kita, namun Enneagram bukan ramalan ataupun tebak-tebakkan. ini adalah cara kuno yang mampu membaca dan mengenal beragam watak anda atau kepribadian orang lain. Enneagram juga dapat mencegah konflik individu antara dengan orang lain. Pengetahuan tentang Enneagram bisa dijadikan sebagai tolok ukur untuk menentukan tentang siapa dan bagai mana orang-orang yang ingin anda dekati atau sering dekat dengan anda.  Saya yakin setidaknya sekali dalam hidup seseorang,pasti  pernah mengalami yang namanya konflik dengan orang lain. Apakah mereka teman, orang tua, sepupu,  atasan, bawahan, atau bahkan orang-orang yang kita cintai. Penyebabnya seringkali didasarkan pada perbedaan sikap,pendapat,dan cara pandang suatu keadaan yang mengakibatkan persoalan karena terdapat perbedaan pandangan.

Ada pertanyaan yang pasti selalu timbul dalam pikiran tiap orang, mengapa harus ada perbedaan sikap antara seseorang dengan yang lain terhadap satu hal yang sama atau yang bahkan sudah disepakati?
dan kenapa juga karakter atau watak setiap orang berlainan? Itu adalah keajaiban Tuhan, yang terpenting adalah bagai mana cara menghadapi setiap perbedaan tanpa harus terlibat perseteruan dan ada yang terluka.

Enneagram memiliki dasar tentang alam semesta, yang merupakan penjelasan untuk pertanyaan-pertanyaan yang paling sulit dipahami manusia, karakter. Ennea (Bahasa Yunani)yang artinya sembilan,merupakan penjabaran sembilan tipe energi alam yang masing-masing menyimpan karakter dan watak orang. Kesembilan tipe tersebut membedakan cara seseorang dalam membedakan pilihan, bertingkah laku, dan menumbuh kembangkan sifat-sifat asli dirinya dalam kehidupan sehari-hari, tentu bila ini dapat dikuasai oleh Leader merupakan asupan ilmu yang mempermudah perjalanan kepemimpinannya dan juga mengendalikan dirinya sendiri.  

Simbol Enneagram berupa lingkaran dengan sembilan titik geometris yang memilah sembilan tipe dasar kepribadian manusia serta hubungan antarpribadi yang kompleks. Kesembilan tipe itu adalah:

1.Tipe Pekerja (Perfectionist)
Menggambarkan orang yang selalu mengejar kesempurnaan .
2.Tipe Asisten (Giver)
Yaitu orang yang sangat bersahabat, penuh perhatian, dan rela melayani sesama .
3.Tipe Motivator  (Achiever)
Tipe ini biasanya workaholic yang amat terobsesi dengan efisiensi.
4.Tipe individualis  (Romantic)
Yaitu orang yang selslu menempatkan keunikan diri, kreativitas, dan emosi pada tingkat yang paling tinggi .
5.Tipe Pemikir  (Observer)
Biasanya pintar, berpikir analitis, dan tegas dalam mengambil keputusan, namun miskin dalam pergaulan
6.Tipe Loyalitas -(Doubter)
Umumnya bisa dipercaya, jujur, dan bertindak sesuai hukum dan norma yang berlaku.
7.Tipe Entusiastis  (Dreamer)
Selalu bersikap optimistis akan masa depan meski dalam kondisi buruk sekalipun .
8.Tipe Pemimpin  (Leader)
Yaitu orang yang dikaruniai kekuatan dan kemampuan mempengaruhi orang, namun cenderung tampil "kejam" terhadap dunia sekitarnya . Mereka tidak mau kompromi dengan apa yang telah diyakininya.
9.Tipe Cinta Damai (Diplomat)
Terlihat dari kepribadiannya yang tidak menyukai persaingan.


Dengan mengenali karakternya seorang leader juga dapat secara spesifik mengenali karekter bawahannya maupun atasannya, tentu akan memperkecil peluang ruang konflik terjadi karena kemampuan memahami dan mengadaptasi solusi atas masalah yang timbul dari satu demi satu orang yang di sekitarnya SEHINGGA Tujuan tetap menjadi titik fokus seorang leader dan menganggap masalah ada;ah dinamika, warna-warna cerah yang menunjukkan perusahaan atau usaha sedang bertumbuh dan dengan penuh akselerasi segera dapat mengambil keputusan yang bijaksana, lurus tanpa harus melukai hati dan perasaan orang lain.

"Seorang Leader harus terus haus dengan pengetahuan yang lebih tinggi, tidak cepat berpuas diri, karena tanpa pengetahuan kerajinanpun tidak baik"

Salam Sukses



Ebook tentang Enneagram dapat di DOWNLOAD DISINI (2.4 MB)

sumber

No comments:

Post a Comment

Komen silakan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...